TikTok Hadirkan Fitur Baru Upload Video 60 Menit untuk Menyaingi YouTube

TikTok Hadirkan Fitur Baru Upload Video 60 Menit untuk Menyaingi YouTube

TikTok tak henti-hentinya memperkenalkan fitur-fitur baru untuk memberikan persaingan sengit kepada para rivalnya, terutama YouTube. Kali ini, TikTok kembali menantang YouTube dengan menguji coba fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah video berdurasi hingga 60 menit. Langkah ini menunjukkan pergeseran signifikan dari format video pendek yang membuat TikTok populer.

Dari Video Pendek ke Video Panjang

Kalau kita lihat sejarahnya, TikTok secara bertahap memperpanjang durasi video yang bisa diunggah penggunanya. Pada bulan Januari, beberapa kreator diberikan akses untuk mengunggah klip berdurasi 30 menit. Sebelumnya, pengguna bisa mengunggah konten dengan durasi hingga 10 menit.

Baca juga: TikTok Perbarui Panduan Komunitas dan Perkenalkan Fitur Transparansi Baru

Kreator yang menjual langganan juga memiliki akses untuk mengunggah video sepanjang 20 menit. Kini, TikTok sedang menguji coba unggahan video berdurasi 60 menit, yang semakin mirip dengan konten panjang ala YouTube.

TikTok Sedang Mengincar YouTube?

Peluncuran TikTok memulai era konten video vertikal berdurasi pendek. Namun, platform ini telah mengadopsi konten berdurasi panjang layaknya YouTube selama beberapa tahun terakhir. Awal tahun ini, beberapa kreator TikTok menerima pemberitahuan bahwa konten mereka akan mendapatkan “peningkatan” jika mereka membagikan klip horizontal daripada vertikal. Program monetisasi TikTok sekarang mengharuskan kreator untuk membagikan video berdurasi lebih dari satu menit agar memenuhi syarat.

Baca juga: YouTube Shorts Menghadirkan Fitur Remix Musik untuk Bersaing dengan TikTok

Popularitas TikTok yang bergejolak membuat banyak perusahaan lain — mulai dari Meta, YouTube, hingga LinkedIn — menambahkan fitur video pendek ke platform mereka. Semua orang mencoba meniru daya tarik halaman For You. Namun, TikTok justru memperkuat konten berdurasi panjang dan format siaran langsung yang sangat terkait dengan YouTube atau Twitch. TikTok secara rutin mengadakan acara siaran langsung, seperti kompetisi musik tahun lalu, sebagai bagian dari pergerakannya melampaui konten singkat.

Keuntungan dan Tantangan Video 60 Menit

Batas baru ini akan memberikan lebih banyak waktu dan fleksibilitas bagi kreator saat berbagi konten seperti resep masakan, tutorial kecantikan, konten edukasi, dan sketsa seni. Bagian terbaiknya adalah mereka dapat mengunggah episode lengkap acara TV. Batas 60 menit ini akan menghilangkan kebutuhan untuk memecah episode menjadi beberapa bagian. Sebaliknya, mereka bisa memposting seluruh episode dalam satu video. Namun, jika Anda lebih suka platform ini untuk video pendek yang cepat, tambahan ini mungkin tidak akan disambut baik.

Baca juga: Trik Mulung Koin di TikTok Live Pakai Autoclicker, 100% Banjir Koin!

Dengan langkah-langkah baru ini, TikTok terus menunjukkan ambisinya untuk menjadi lebih dari sekadar platform video pendek, dengan menghadirkan fitur-fitur yang semakin mendekati pengalaman yang ditawarkan oleh YouTube. Apakah ini berarti TikTok benar-benar akan menjadi saingan berat YouTube di masa depan? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya!